Sabtu, 18 Februari 2012

Media Transmisi



Kabel yang digunakan pada jaringan komputer ada berbagai macam jenis mulai dari  yang penghantarnya pendek hingga jauh, dari yang penghantarnya lambat hinggacepat. Berikut ini berbagai jenis kabel yang umum dipakai:


1. Thin Ethernet (Thinnet)
Thin Ethernet atau Thinnet biayanya  relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe pengkabelan lain, serta pemasangankomponennya lebih mudah. Panjang kabel thin coaxial/RG-58 antara 0.5 – 185 mdan maksimum 30 komputer terhubung.



2. Thick Ethernet (Thicknet)
Dengan thick Ethernet atau thicknet, jumlah komputer yang dapat dihubungkandalam jaringan akan lebih banyak dan jarak antara komputer dapat diperbesar,tetapi biaya pengadaan pengkabelan ini lebih mahal serta pemasangannya relatiflebih sulit dibandingkan dengan Thinnet. Pada Thicknet digunakan transceiveruntuk menghubungkan setiap komputer dengan sistem jaringan. Panjang kabeltransceiver maksimum 50 m, panjang
kabel Thick Ethernet maksimum 500 mdengan maksimum 100 transceiver terhubung.



3. Twisted Pair Ethernet
Kalau Saudara lihat kabel twisted pair mirip dengan kabel pada telepon. Didalamnya ada beberapa pasangan kabel yang saling dipelintir denganpasangannya sehingga disebut twisted pair  Maksud dari pelintiran kabel adalah mengurangi interferensi, derau (noise ) dan gangguan yang masuk.Ada 2 macam kabel ini, yaitu:a.
Shielded Twisted Pair (STP), kabel dengan selubung pembungkusb.Unshielded Twisted Pair (UTP), kabel tanpa selubung pembungkusFungsi selubung untuk penahan (grounding) untuk mengurangi gangguan jadikabel STP lebih bagus dibandingkan UTP.

Karakteristik utama kabel twisted pair
adalah sebagai berikut:
a. Kabel yang dipelintir satu sama lain untuk mengurangi interferensi listrik.
b. Dapat terdiri atas dua, empat atau lebih pasangan kabel.
c. Dapat melewatkan sinyal sampai 10 Mbps.d. Koneksi menggunakan RJ-11 atau RJ-45.f. STP tahan gangguan daripada UTP sehingga kecepatannya sampai 100Mbps.g. Dibutuhkan
hub
untuk membangun sebuah LAN.h. Lebih mudah dipelihara karena kerusakan pada satu saluran tidakmenganggu saluran lain.


4. Fiber Optic
Jaringan yang menggunakan Fiber Optic (FO) biasanya perusahaan besar,dikarenakan harga dan proses pemasangannya lebih sulit. Namun demikian, jaringan yang menggunakan FO dari segi kehsaudaralan dan kecepatan tidakdiragukan. Kecepatan pengiriman data dengan media FO lebih dari 100 Mbpsdan bebas pengaruh lingkungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar